Jokowi Ingin Indonesia Produksi Motor Listrik 2 Juta Unit, Menperin Agus Merespons Begini

Jokowi Ingin Indonesia Produksi Motor Listrik 2 Juta Unit, Menperin Agus Merespons Begini
Ilustrasi motor listrik. Foto: Dok. OYIKA

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita merespons permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan produksi motor listrik di Indonesia harus ditingkatkan.

Dia mengatakan, Jokowi memerintahkan paling tidak motor listrik itu bisa diproduksi 2 juta unit di Indonesia dalam waktu dekat.

Menperin Agus itu pun saat ini sedang melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk roda empat maupun roda dua. 

"Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit. Kami optimistis jumlah tersebut bisa tercapai dalam waktu dekat,” kata Menperin Agus Gumiwang saat acara Focus Group Discussion (FGD) B20 Side Event - Ready to eMove di Jakarta, Selasa (4/10).

Dalam rangka meningkatkan populasi electric vehicle, pemerintah mengeluarkan berbagai regulasi.

Salah satunya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Menperin optimistis target dua juta motor listrik di tanah air sangat realistis, mengingat animo dari para investor untuk membuka fasilitas produksi motor listrik cukup besar. 

Menurut dia, saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun dan ditargetkan meningkat hingga dua juta unit hingga tahun depan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita merespons permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan produksi motor listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News