Jokowi Ingin Maksimalkan Kuota Internet Untuk Daerah Selama PPKM

Jokowi Ingin Maksimalkan Kuota Internet Untuk Daerah Selama PPKM
Joko Widodo. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo ingin memaksimalkan bantuan kuota internet gratis untuk daerah yang terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Internet gratis tersebut berguna untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

"Subsidi kuota internet untuk daerah-daerah PPKM juga semaksimal mungkin diberikan kepada tenaga kependidikan, murid, mahasiswa, guru, dan dosen," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR 2021 di kompleks parlemen, Senayan, Senin (16/8).

Jokowi juga menyebut pemerintah akan meningkatkan bantuan sosial lebih banyak dibanding situasi normal.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat mulai dari program keluarga harapan, kartu sembako, diskon listrik, subsidi gaji, bantuan produktif usaha mikro, bantuan sosial tunai, BLT dana desa, dan program kartu prakerja.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 2020 dan 2021 telah menyalurkan bantuan sebesar Rp13,2 triliun serta menerjunkan 53.706 sukarelawan mahasiswa dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim, bantuan tersebut terdiri dari bantuan kuota data internet dan bantuan uang kuliah tunggal (UKT).

Pada 2020 bantuan kuota data internet telah menyasar kepada 35,6 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Jokowi juga menyebut pemerintah akan meningkatkan bantuan sosial yang lebih banyak dibanding situasi normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News