Jokowi Itu Grand Master

Jokowi Itu Grand Master
M Qodari menjadi pembicara pada diskusi bertema Menteri Ribut Bikin Ribet di Jakarta, Sabtu (5/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyatakan bahwa seorang presiden bukanlah chief executive officer (CEO) perusahaan. Menurutnya, presiden justru ibarat grand master catur yang harus menghadapi rintangan dengan pintar dan mampu mengelola bidak agar bisa mengalahkan lawan.

Menurutnya, terkadang harus menempuh jalan lurus untuk bisa sampai tujuan. Tapi, bisa juga dengan menggunakan langkah kuda.

“Dia pemimpin politik, harus mengakomodasi kepentingan, melewati rintangan. Ada situasi dimana dia harus mutar dulu,” kata Qodari, dalam diskusi bertajuk “Menteri Ribut Bikin Ribet” di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/3).

Nah, kata Qodari, sebetulnya presiden memahami terhadap dampak dan persepsi masyarakat akibat perdebatan antarmenteri yang dilakukan secara terbuka. “Sebetulnya dia sangat memahami hal detail seperti itu,” katanya.

Ia menegaskan, Jokowi merupakan presiden yang pintar. Mungkin, lanjut dia, Jokowi saat ini bersikap pura-pura bodoh. “Karena itu kelebihan beliau,” katanya. (boy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News