Jokowi: Kekuatan Terpendam Kita Belum Dibangkitkan

Jokowi: Kekuatan Terpendam Kita Belum Dibangkitkan
Presiden Joko Widodo di Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya. Foto: Biro Pers

jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur dengan menyambangi Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya, Kota Surabaya, untuk memberikan kuliah umum pada Kamis (6/9).

Dalam kuliah umum tersebut, Presiden Ketujuh RI mengingatkan bahwa Pasal 31 UUD 1945 mengamanatkan pendidikan merupakan hak bagi seluruh warga Negara dan oleh karena itu adalah merupakan kewajiban negara untuk memenuhinya.

“Keberhasilan dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan ditentukan oleh keberhasilan dalam membangun manusia Indonesia yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu belajar sepanjang hayat agar dapat menyesuaikan diri dengan zaman yang berubah serba cepat,” kata Jokowi -sapaan Joko Widodo.

Dia menyebutkan bahwa hal tersebut sejalan dengan tahapan besar kedua yang akan dilakukan pemerintah, yaitu membangun sumber daya manusia (SDM), setelah tahapan besar pertama berupa pembangunan infrastruktur telah dimulai.

Suami Iriana menyebutkan, fondasi untuk meningkatkan daya saing bangsa itu kuncinya ada di SDM. "Kita ini memiliki kapasitas terpendam. Punya kekuatan terpendam tapi belum dibangkitkan. Jangan dipikir anak kita kalah dengan bangsa lain," tuturnya.

Sebagai contoh, lannjut Jokowi, prestasi atlet-atlet Indonesia di Asian Games 2018 yang dapat melebihi target yang diberikan, bahkan dapat menduduki peringkat empat dalam perolehan medali.

Pada kesempatan itu dia juga mengapresiasi peran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) terlahir menjadi bagian perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurutnya, organisasi yang beranggotakan kaum intelektual ini telah berjasa memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan bangsa melalui pendidikan.

Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur dengan menyambangi Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News