Selasa, 21 Mei 2019 – 19:45 WIB

Jokowi Kunjungi Desa Kutuh yang Sukses Kelola Dana Desa

Jumat, 17 Mei 2019 – 21:45 WIB
Jokowi Kunjungi Desa Kutuh yang Sukses Kelola Dana Desa - JPNN.COM

jpnn.com, BADUNG - Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, menuju Provinsi Bali, Jumat (17/5). Di Pulau Dewata, Jokowi mengunjungi Desa Kutuh yang berlokasi di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Desa tersebut diketahui mampu keluar dari jerat kemiskinan setelah berhasil dengan baik memanfaatkan dan mengelola dana desa yang diberikan Pemerintah Pusat.

"Desa Kutuh ini konsentrasinya di sport tourism, misalnya menyewakan lapangan bola untuk latihan dan kompetisi (bertaraf) internasional," kata Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Lepas Tangan soal Sengketa Lahan Sirkuit Mandalika

Secara geografis Desa Kutuh yang terletak di pinggir pantai dan dikelilingi gunung dan batu karang, menjadikan masyarakat setempat banyak menekuni profesi nelayan dan petani dengan hasil yang minim. Desa itu dulunya juga merupakan sebuah kawasan yang tandus.

Meski demikian, secara perlahan Desa Kutuh berhasil mengelola potensi pariwisata setempat dengan menjadikan Pantai Pandawa sebagai ikon pariwisata baru yang dikunjungi wisatawan mancanegara.

Dana desa yang kemudian diterima oleh pemerintah Desa Kutuh sejak tahun 2015 menjadikan perekonomian setempat menjadi semakin bergeliat. Hingga saat ini, desa itu telah menerima dana desa dengan jumlah kurang lebih Rp3,5 miliar.

Masyarakat setempat memanfaatkan dana desa tersebut untuk membenahi fasilitas dan kebutuhan dasar, membangun sarana dan prasarana penunjang desa wisata, serta sarana olahraga bertaraf internasional yang terbukti sangat bermanfaat bagi desa tersebut dan menjadi kekuatan ekonomi tersendiri.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar