Jokowi Lagi Senang, Hari Ini Bakal Tes Teknologi Baru di Freeport Indonesia

Jokowi Lagi Senang, Hari Ini Bakal Tes Teknologi Baru di Freeport Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan karwayan PT. Freeport Indonesia (FI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Kamis (1/9). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, PAPUA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya akan melihat pengelolaan pertambangan dengan menggunakan teknologi baru di sektor pertambangan, yaitu 5G mining, di PT. Freeport Indonesia (FI), Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Kamis (1/9).

Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.

“Ini yang mau saya lihat seperti apa, sih, me-manage sebuah tambang dengan 5G sistem, saya mau lihat,” kata dia saat bersilaturahmi dengan karyawan PTFI di lokasi pertambangan di Sport Hall, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Rabu (31/8).

Presiden Jokowi mengaku senang dengan kontribusi pertambangan yang cukup besar terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di Papua, utamanya Kabupaten Mimika.

“Saya senang PDRB di Kabupaten Mimika 68 persen itu berasal dari Freeport. Jadi, bapak, ibu, sekalian memiliki kontribusi yang besar kepada Kabupaten Mimika. Kontribusi terhadap PDRB di Papua itu sebesar 34 persen, juga gede sekali,” ujar Presiden Jokowi.

Untuk itu, eks gubernur DKI Jakarta itu meminta jajaran perusahaan tambang tersebut untuk berhati-hati dalam pengelolaan manajemen.

Sebab akan berdampak tidak hanya kepada PTFI sendiri, tetapi juga Kabupaten Mimika dan Papua secara keseluruhan.

Jokowi juga menitipkan pesan kepada Presiden Direktur PTFI Tony Wenas agar berhati-hati.

Presiden Jokowi ingin melihat penggunaan 5G mining, teknologi baru pengelolaan pertambangan di PT. Freeport Indonesia (FI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News