Selasa, 26 September 2017 – 01:58 WIB

Jokowi: Mau Gado-gado, Baca Buku, Tinggal Klik

Kamis, 14 September 2017 – 17:02 WIB
Jokowi: Mau Gado-gado, Baca Buku, Tinggal Klik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan di era digital sekarang ini apa pun yang diinginkan tinggal klik, semua tersedia dalam sistem digital.

Karena itu, Jokowi-sapaan presiden mengingatkan bahwa masa depan Perpustakaan Nasional RI, bergantung pada peningkatan minat baca masyarakat, kecepatan sistem dan pelayanan.

Anak-anak remaja sekarang ini, katanya, lebih senang membaca melalui smartphone, atau tablet. Sebab, hanya dengan mengklik, mereka bisa membaca berita, menonton video streaming.

Durasi membaca generasi sekarang pun semakin pendek, rata-rata 3 menit saja. Namun, saat tulisan yang dibaca dalam durasi tiga menit pertama tidak menarik, itu langsung dilewatkan.

"Bahkan kalau judulnya saja sudah tidak menarik, judul ini sekarang penting sekali, jadi kalau sudah tidak menarik langsung lewatin. Kalau bukunya susah dicari pasti mereka juga tidak mau baca," ujar Jokowi saat meresmikan Perpustakaan Nasional RI di Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9).

Karenanya, dia berharap Perpustakaan Nasional mampu menyesuaikan diri dengan trend terkini. Utamanya dalam kecepatan sistem dan melayani orang-orang yang datang ke gedung 27 lantai itu.

"Generasi sekarang mau apa-apa tinggal klik. Kami juga sudah sama, mau pesan gado-gado klik, pesan sate kambing klik, setengah jam datang lewat go food. Mau beli barang juga tinggal klik, mau baca buku, baca artikel pasti ini juga klik," tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Karena semua sudah serba digital, Jokowi berharap Perpustakaan Nasional bisa menyesuaikan diri dengan trend yang sekarang berjalan.(fat/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini