Jokowi Memberi Perhatian Besar Kepada Pengusaha Sektor UMKM

Jokowi Memberi Perhatian Besar Kepada Pengusaha Sektor UMKM
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian besar kepada para pengusaha yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satunya, Presiden Jokowi mengintruksikan kepada jajarannya mempermudah UMKM dalam memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Saya menginstruksikan pemerintah daerah untuk mendorong pengusaha UMKM mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mempercepat prosesnya,” ujar Presiden Jokowi, dikutip dari akunnya di  twitter @jokowi, Sabtu (16/7/2022).

Menurut Jokowi, sebanyak 65,4 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia memberi kontribusi 61 persen terhadap ekonomi nasional dengan penyerapan tenaga kerja 97 persen.

“Melihat angka-angka tersebut, keliru besar jika pemerintah sampai tidak mengurusi UMKM dengan baik,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggenjot penerbitan izin dengan target sebanyak 100.000 izin per hari.

“Saat ini, penerbitan izin usaha UMKM sudah di angka 7.000-8.000 per hari, tetapi saya tetap meminta supaya bisa 100.000 izin per hari,” kata Jokowi.

Pasalnya, lanjut Presiden Jokowi, dengan adanya NIB maka pelaku UMKM dapat dengan mudah mendapat beberapa fasilitas bantuan dari pemerintah.

Presiden Jokowi memberikan perhatian besar kepada para pengusaha yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News