Jokowi Menginginkan Situasi di Rakhine State Kembali Normal

Jokowi Menginginkan Situasi di Rakhine State Kembali Normal
Presiden Jokowi saat menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN, di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, BANGKOK - Pemerintah Indonesia menaruh perhatian besar bagi upaya pemulihan situasi dan keamanan di Rakhine State Myanmar. Saat menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11), Presiden Joko Widodo kembali mengangkat isu ini dengan harapan agar situasi di Rakhine State dapat mengalami kemajuan yang berarti.

"Saya yakin kita semua mengharapkan agar situasi di Rakhine State dapat segera kembali normal," ujar Presiden kepada para pemimpin negara-negara ASEAN.

Upaya repatriasi secara sukarela, aman, dan bermartabat bagi para pengungsi di Rakhine State didorong oleh para pemimpin ASEAN untuk terus diupayakan. Mereka juga sepakat ikut berkontribusi dalam mendukung upaya tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
mengatakan bahwa Presiden Jokowi menawarkan saran dan pandangan bagi penyelesaian isu kawasan saat berbicara di sesi Pleno tersebut. Pertama, Kepala Negara memandang perlu diteruskannya dialog dengan para perwakilan pengungsi yang saat ini berada di Cox’s Bazaar.

"Karena dengan dialog dan komunikasi maka akan muncul trust. Dan trust ini akan sangat besar artinya bagi persiapan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat," ucap Retno.

Kedua, sebagai bagian dari upaya penanganan, Indonesia sepenuhnya mendukung usulan untuk mendirikan satuan tugas ad-hoc di Sekretariat ASEAN yang fokus memantau pelaksanaan rekomendasi tim Preliminary Needs Assessment (PNA).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menegaskan bahwa Indonesia juga siap untuk berkontribusi agar satuan tugas ad-hoc dapat segera terbentuk dan bekerja.

"Para pemimpin ASEAN sudah menyepakati akan dilakukan pendirian ad-hoc task force di Sekretariat ASEAN dan Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa Indonesia siap untuk memberikan kontribusi agar satuan tugas tersebut dapat segera terbentuk," tuturnya.

Presiden Jokowi mengatakan Pemerintah Indonesia menaruh perhatian besar bagi upaya pemulihan situasi dan keamanan di Rakhine State, Myanmar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News