Jokowi Minta Bandara Kertajati Beroperasi 2018

Jokowi Minta Bandara Kertajati Beroperasi 2018
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/2).

Kunjungan Budi tersebut untuk memastikan proyek pembangunan bisa selesai sesuai target, yaitu pada awal 2018.

"Presiden meminta saya untuk memastikan agar bandara ini bisa beroperasi pada 2018. Sekarang pembangunan sudah berjalan, tinggal kepastian bulannya kapan beroperasi yang kami kejar," ujar Budi.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengapresiasi langkah yang dilakukan pemprov Jawa Barat dalam mempercepat pembangunan Bandara Kertajati yang dimulai sejak Desember 2015 tersebut, yaitu dengan menggandeng pihak investor BUMN maupun swasta.

Menhub mengatakan, skema pembiayaan yang dilakukan di Kertajati bisa menjadi model bisnis pembiayaan sektor transportasi di daerah lainnya. Dimana kerjasama antara Pemerintah dan swasta menggunakan sistem convertible bond, yaitu dana investasi yang telah dikeluarkan investor swasta yang menggarap proyek pembangunan bandara, nantinya dapat dijual kembali kepada BUMN pengelola bandara.

"Saya apresiasi bahwa ini merupakan pola kerjasama yang baik antara pemerintah pusat (APBN), Pemerintah Daerah (APBD), dan swasta," puji mantan dirut AP II ini.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/2).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News