Prof Endang Soetari Sebut Nama KH Abdul Halim Paling Tepat untuk Bandara Kertajati

Prof Endang Soetari Sebut Nama KH Abdul Halim Paling Tepat untuk Bandara Kertajati
Mantan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Endang Soetari menungkapkan tiga alasan utama nama KH Abdul Halim paling tepat untuk Bandara Internasional Kertajati di Majalengka. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berencana mengganti nama Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

Terkait hal tersebut, mantan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Endang Soetari Adiwikarta menyebut nama KH Abdul Halim yang paling tepat untuk menjadi nama baru Bandara Internasional Kertajati.

Prof Endang Soetari menyampaikan ada tiga alasan utama nama KH Abdul Halim sangat tepat untuk menjadi nama bandara di Kertajati tersebut.

Pertama, pemilihan nama bandara harus menggunakan nama tokoh pahlawan nasional yang berperan besar sejak zama prakemerdekaan serta terlibat dalam momen kunci pendirian Republik Indonesia.

“KH Abdul Halim telah turut memperjuangkan kemerdekaan melalui pendidikan sejak 1911 hingga beliau dipercaya menjadi satu di antara 60 anggota BPUPKI sebagai Panitia Pembelaan Negara. Ini bukti jelas beliau tokoh Jawa Barat yang berjasa besar bagi Republik Indonesia," terang Prof Endang Soetari.

Alasan kedua, lanjut Prof Endang Soetari menjelaskan, kontribusi KH Abdul Halim dalam pembangunan bangsa sebelum kemerdekaan dan setelah proklamasi kemerdekaan dilakukan dalam pembangunan kebangsaan bidang pendidikan ideologi, pemahaman politik, kesejahteraan sosial ekonomi, penggalangan pertahanan keamanan, dan dakwah keagamaan.

Prof Endang Soetari yang menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 1995-2003 mengungkapkan kiprah dan kontribusi KH Abdul Halim tidak hanya di Majalengka saja, tetapi meluas dan menasional.

"Lembaga pendidikan, santri-santri beliau dan organisasi yang KH Abdul Halim dirikan menyebar ke berbagai daerah dan Provinsi. Beliau Negarawan Sejati," tegas Prof Endang Soetari.

Prof Endang Soetari menungkapkan tiga alasan utama nama KH Abdul Halim paling tepat untuk Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News