Jokowi Minta Kemendag Awasi Pemain Jalur Distribusi

Jokowi Minta Kemendag Awasi Pemain Jalur Distribusi
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo menyoroti ulah pemain di sektor distribusi bahan pokok yang membuat harga di pasaran tidak masul akal. Karenanya, Jokowi -panggilan kondangnya- memerintahkan Kementerian Perdagangan mencermati para pemain di sektor distribusi.

Berbicara pada pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2017, di Istana Negara, Selasa (21/2), Jokowi mengatakan, pemerintah sudah dua tahun membenahi jalur distribusi bahan pokok. Namun, katanya, belum banyak hal positif yang dicapai.

"Lihat betul distribusi, ini kita banyak untuk bahan pokok, banyak enggak benar. Mata rantai distribusi kita banyak gak benar. Ini betulkan," ujarnya.

Jokowi lantas mencontohkan tengkulak yang membeli hasil pertanian di tingkat petani dengan harga murah, tapi menjualnya lagi dengan harga berlipat-lipat. Misalnya, membeli dari petani Rp 5 ribu, tapi menjualnya lagi ke pasaran Rp 15 ribu.

“Saya pastikan tidak benar kalau seperti itu. Ini mulai dilihat detail," tegasnya.

Mantan Gubernur DKI itu menegaskan, Kemendag harus mengerti pemain distribusi termasuk mata rantainya. Sebab, pihak yang paling dirugikan oleh pemain jalur distribusi adalah rakyat. “Siapa bayar, ya rakyat," ujarnya.

Jokowi dalam kesempatan itu juga meminta jajaran pemerintah yang mengurusi kuota impor agar berhati-hati. Sebab, sudah banyak pihak yang berwenang mengurusi kuota impor yang bermasalah dengan hukum.

"Hal-hal berkaitan dengan kuota ini hati-hati. Di sini banyak yang masuk sel karena ini,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo menyoroti ulah pemain di sektor distribusi bahan pokok yang membuat harga di pasaran tidak masul akal. Karenanya, Jokowi -panggilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News