Jokowi Minta Kemenkes Selidiki Kasus Penyebab Gagal Ginjal Akut

Jokowi Minta Kemenkes Selidiki Kasus Penyebab Gagal Ginjal Akut
Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencari tahu penyebab kasus gagal ginjal pada anak. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencari tahu penyebab kasus gagal ginjal yang menyerang anak-anak.

Hal itu diungkap Jokowi dalam Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10).

"Ini harus dipastikan betul. Uji klinis harus dilakukan, laboratorium seluler pada organ ginjal terdampak juga betul-betul dilihat, sehingga bisa memastikan apa yang menjadi penyebab gagal ginjal akut terutama pada anak," ungkap Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menghentikan sementara peredaran obat-obatan yang diduga berbahaya.

Hal itu dilakukan sampai ada hasil investigasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Eks Gubunur DKI Jakarta itu juga meminta kepada BPOM menarik seluruh obat sirop yang betul-betul terbukti mengandung bahan obat penyebab gangguan gagal ginjal akut.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga harus mengumumkan kepada publik mengenai merek obat yang terbukti berbahaya. (antara/jpnn)



Video Terpopuler Hari ini:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencari tahu penyebab kasus gagal ginjal pada anak.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News