Jokowi Minta Pasien Positif Corona dengan Gejala Ringan Tak Datangi Rumah Sakit

Jokowi Minta Pasien Positif Corona dengan Gejala Ringan Tak Datangi Rumah Sakit
Ilustrasi wabah virus corona. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengharapkan masyarakat yang positif virus Corona dengan gejala ringan bisa mendatangi Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan perawatan. Menurut dia, rumah sakit hanya untuk pasien yang memiliki komorbiditas atau rentan.

"Mengenai manajemen penanganan pasien ini, saya minta juga ke Menteri Kesehatan agar betul-betul diatur. Jangan semuanya masuk rumah sakit yang ada," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang penanganan virus Corona melalui telekonferensi, Senin (13/4).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membawa kelompok pasien Corona ringan ke Wisma Atlet. Sebab, apabila pasien ringan memenuhi rumah sakit, maka hal itu akan membuat pasien rentan dan komorbitas tidak mendapat perawatan yang maksimal.

"Yang perlu penanganan intensif bisa dibawa ke rumah sakit yang ada. Dan kalau yang tidak perlu penanganan intensif bisa dirawat di rumah dengan isolasi mandiri," kata dia.

Jokowi juga mengingatkan pentingnya penggunaan masker di mana pun masyarakat berada. Termasuk menerapkan posisi jaga jarak ketika masyarakat beraktivitas.

"Saya kira penting sekali terus disampaikan sehingga mereka tahu betul yang namanya jaga jarak itu, apa isolasi parsial itu, dan ini akan bisa mencegah tersebarnya Corona ini lebih meluas," kata dia. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo mengharapkan masyarakat yang positif virus Corona dengan gejala ringan bisa mendatangi Wisma Atlet Kemayoran untuk mendapatkan perawatan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News