Jokowi Minta WNI di Tiongkok Ikut Mempromosikan Wisata Nusantara

Jokowi Minta WNI di Tiongkok Ikut Mempromosikan Wisata Nusantara
Presiden Joko Widodo dalam dialog dengan Diaspora Indonesia di Shanghai, Sabtu (3/9). Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com - SHANGHAI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Tiongkok untuk berkampanye dan mempromosikan wisata Tanah Air. Menurut dia, WNI di Tiongkok mesti aktif mengajak warga berpenduduk terbesar di dunia itu untuk menikmati eksotisme alam dan keindahan budaya nusantara.

Jikowi menyatakan hal itu saat berdialog dengan Diaspora Indonesia di Golden Hall Shanghai Mart, Sabtu (3/9). Salah satu kebiasaan Jokowi saat kunjungan kerja di luar negeri memang bertemu dan berdialog dengan para WNI .

Suasana dialog itu sangat cair, tidak protokoler, tidak kaku, sehingga beberapa mahasiswa, pekerja profesional dan pengusaha yang hadir merasa sangat nyaman. Presiden Jokowi pun memanfaatkan dialog itu  untuk menggali ide-ide segar, menjaring inspirasi dan mencari solusi atas problematika mendasar yang bisa dibawa ke tanah air.

Di Shanghai, Presiden Jokowi juga membandingkan Indonesia dengan Malaysia yang sudah dikunjungi 24 juta wisatawan mancanegara (wisman) dalam satu tahun. Thailand lebih hebat lagi, didatangi oleh 28 juta wisman dalam setahun.

Sedangkan Indonesia pada 2015 dikunjungi 10,4 juta (wisman) atau naik 10,3 persen dari tahun sebelumnya. Tapi itu pun masih kalah jauh dibandingkan Malaysia dan Thailand.

"Padahal tempat yang indah-indah di kita itu banyak sekali. Apa yang keliru? Apa yang salah? Tahun 2019 targetnya harus sudah di atas 20 juta (wisman)," tegas Presiden Jokowi.

Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan, dirinya pada tahun lalu telah menandatangani kerja sama di bidang pariwisata dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Penandatanganan itu dilakukan setelah peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015.

Saat itu, kedua negara berupaya untuk mendatangkan sepuluh juta wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia. Upaya ini telah mulai mendatangkan hasil.

SHANGHAI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Tiongkok untuk berkampanye dan mempromosikan wisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News