Jokowi: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 73 Persen

Jokowi: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 73 Persen
Presiden Jokowi meninjau perkembangan pengerjaan konstruksi Tunnel #1 Halim kereta cepat Jakarta-Bandung, di Bekasi, Jawa Barat. Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

jpnn.com, BEKASI - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah mencapai 73 persen.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi itu saat meninjau perkembangan pembangunan konstruksi salah satu proyek strategis nasional itu pada Selasa (18/5).

"Tadi dilaporkan kepada saya telah selesai 73 persen dan nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi. Diharapkan nanti di akhir 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan. Tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional," ujar Jokowi di lokasi Tunnel 1 KCJB, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Peninjauan bermula di lokasi Casting Yard 1 di Kelurahan Warunghaja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, yang merupakan fasilitas seluas 165.500 meter persegi untuk memproduksi box girder.

Di lokasi tersebut, Jokowi melakukan inspeksi dan memperoleh pemaparan perkembangan pembangunan.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga menerima kabar perkembangan pembangunan yang berlangsung di sejumlah titik, yakni Stasiun Halim, Tunnel 6, dan Track Laying Base melalui konferensi video.

Dari titik peninjauan pertama, Jokowi bergerak menuju lokasi peninjauan selanjutnya yang berada di Tunnel 1 KCJB.

Terowongan dengan panjang keseluruhan mencapai 1.885 meter tersebut melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap KCJB ini dapat terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti lintas rel terpadu (LRT) dan moda raya terpadu (MRT) di Jakarta.

Presiden Jokowi menargetkan akhir 2022, kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa dicoba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News