Jokowi: Pemerintah Punya Banyak Program Ekonomi Rakyat

Jokowi: Pemerintah Punya Banyak Program Ekonomi Rakyat
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Tasikmalaya, Rabu (27/2). Foto: Biropers

jpnn.com, TASIKMALAYA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah saat ini memiliki banyak sekali program kerakyatan dan umat. Pihaknya menginginkan agar ekonomi masyarakat mampu berkembang lebih jauh. Untuk itu dia meminta pelaku UMKM memanfaatkannya.

Hal ini diaampaikannya saat menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kurang lebih 600 pelaku usaha tani dan ternak, di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Rabu (27/2).

"Kalau pinjam KUR bunganya berapa sih? Tujuh persen setahun. Harus tau. Karena kalau bukan KUR itu mahal, bukan segitu. Ini KUR disubsidi oleh pemerintah," kata Jokowi menjelaskan keuntungan program KUR yang dijalankan ini.

Dia memyebutkan, pemerintah saat ini hendak mendorong penyaluran KUR kepada pelaku-pelaku usaha di sektor produksi. Tujuannya supaya produktivitas para pelaku usaha dapat meningkat sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan usahanya.

Selain KUR, ada sejumlah program lain yang dijalankan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat "Pemerintah sekarang ini punya program-program ekonomi umat dan program ekonomi rakyat. Yang pertama, ada yang namanya program Mekaar," ucapnya.

Program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi ibu-ibu prasejahtera. Layanan tersebut menyediakan bantuan pembiayaan dengan besaran Rp 2 hingga Rp 5 juta yang diberikan bertahap tanpa jaminan.

Program Mekaar ini telah berjalan selama beberapa tahun belakangan dengan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para nasabahnya di sejumlah daerah. Dalam jangka panjang, para nasabah Mekaar yang sebagian besar merupakan pelaku usaha supermikro diharapkan mampu mengembangkan usahanya dan beranjak tingkatan menjadi usaha kecil atau menengah.

Kemudian, ada juga program serupa berupa Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang menyasar kepada usaha mikro yang berada di lapisan terbawah dan belum bisa difasilitasi perbankan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah saat ini memiliki banyak sekali program kerakyatan dan umat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News