Jokowi Pengin Pertemuan G20 2023 di Labuan Bajo

Jokowi Pengin Pertemuan G20 2023 di Labuan Bajo
Presiden Jokowi saat menikmati sunset di Labuan Bajo, Minggu (19/1). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, LABUAN BAJO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Labuan Bajo akan dipersiapkan untuk menggelar sejumlah agenda internasional pada 2023.

"Yang paling penting juga bahwa kami ingin mempersiapkan Labuan Bajo ini untuk G20 di 2023 dan ASEAN Summit di 2023. Sehingga dalam rangka persiapan ke sana, disiapkan mulai dari sekarang," kata Jokowi, di sela-sela kunjungan kerja ke Manggarai Barat, NTT, Senin (20/1).

Dalam pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo, Presiden ketujuh RI itu menekankan berbagai aspek yang harus dibenahi. Hal itu untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan telah siap sebelum dipromosikan besar-besaran mulai 2021.

"Ini sebuah pekerjaan yang besar yang harus diselesaikan akhir tahun ini yaitu memperbaiki produk yang ada di sini. Infrastruktur, landscape, sampah, air baku yang juga kurang, semuanya ini disiapkan dan kami harapkan akhir tahun ini selesai," tambahnya.

Dalam rapat koordinasi di Hotel Pelataran Komodo, Labuan Bajo, mantan gubernur DKI Jakarta itu membahas sejumlah hal teknis berkaitan dengan beberapa isu di destinasi wisata di wilayah itu, seperti persoalan sampah.

"Sampah yang ada di laut tadi sudah diputuskan, akan dikirim ke sini kapal untuk membersihkan dan mulai Februari nanti juga akan bergerak ke bawah laut untuk mengambil sampah. Meskipun belum banyak, tetapi harus dimulai. Jangan sampai ada sampah di Labuan Bajo," tegasnya.

Semantara untuk sampah di darat, Kementerian PU akan mempersiapkan incinerator dan juga tempat pembuangan sampah akhirnya. Sejalan dengan itu, masyarakat akan diedukasi mengenai budaya sampah.

Masalah lain di Labuan Bajo yang harus segera dibenahi adalah ketersediaan air baku, kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon yang ditargetkan 5-7 juta bibit per tahun.(fat/jpnn)

Jokowi tidak mau ada sampah di Labuan Bajo. Hal itu dia tegaskan dalam rakor di Pelataran Komodo.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News