Jokowi Pimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali

Jokowi Pimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali
Presiden Joko Widodo bersama korban gempa Lombok, NTB. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menghadiri Apel Siaga NTB Bangun Kembali di Lapangan Bola Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat pada Senin (3/9) pagi tadi.

Kegiatan itu mengawali kegiatan hari kedua kepala negara di sana. Setelah menghadiri apel siaga yang diikuti sekira 2.250 relawan dari berbagai unsur, 

Presiden dan rombongan meninjau lokasi pembangunan rumah tahan gempa atau RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam arahannya saat apel siaga, Jokowi -sapaan Joko Widodo, mengatakan bahwa tahapan tanggap darurat telah berlalu dan sekarang mulai masuk ke tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi kembali NTB.

Utamanya membangun kembali fasilitas publik seperti pasar, puskesmas, sekolah, serta masjid dan musala.

"Kemarin saya melihat beberapa sudah mulai dikerjakan yang dikomandani oleh Kementerian PU," kata Jokowi.

Seperti diketahui, kemarin Presiden telah menyerahkan bantuan secara langsung untuk rekonstruksi rumah masyarakat baik yang rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan sebanyak 5.293 rumah.

"Semuanya memang perlu dilihat di lapangan, diverifikasi. Untuk dipastikan bahwa memang bantuan itu harus diberikan memerlukan waktu. Oleh sebab itu kemarin baru 5.293 (rumah)," lanjutnya.

Kepala Negara pun berpesan kepada para relawan agar membantu masyarakat dalam membangun kembali rumahnya dengan konsep bangunan tahan gempa.

Presiden Joko Widodo juga telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2018 untuk rehabilitasi dan rekonstruksi NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News