Jokowi-Prabowo Masih jadi Kandidat Kuat Capres 2019

Jokowi-Prabowo Masih jadi Kandidat Kuat Capres 2019
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Meski Pemilihan Presiden masih dua tahun lagi, namun nama-nama bakal calon sudah mulai bermunculan sejak 2017.

Lembaga Survei Poltracking telah merilis sejumlah nama-nama yang bakal maju di Pilpres 2019.

Adapun nama yang bermunculan yakni Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Gerindra Prabowo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Mantan Cagub DKI 2017 Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR, lima nama itu muncul sebagai yang tertinggi disuarakan masyarakat.

Namun dari lima itu, nama Jokowi dan Prabowo masih jadi dua nama teratas bursa Calon Presiden 2019.

"Jokowi memiliki elektabilitas 51,8 persen, Prabowo 27,0 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,6 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen dan Anies Baswedan 2,8 persen," kata Hanta di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (26/11).

Dia menambahkan, sejauh ini elektabilitas Jokowi masih yang tertinggi. Bahkan ketika dua nama tertinggi dikerucutkan, Jokowi tetap masih yang tertinggi ketimbang Prabowo.

"Bila head to head antara Jokowi dan Prabowo, elektabilitas Jokowi juga masih tetap yang tertinggi dengan 53,2 persen dan Prabowo di Posisi kedua dengan 33 persen. Ada gap sebesar 20 persen," papar dia.

Lembaga Survei Poltracking telah merilis sejumlah nama-nama yang bakal maju di Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News