Jokowi: Holong Do Maroban Domu, Domu Maroban Parsaulian

Jokowi: Holong Do Maroban Domu, Domu Maroban Parsaulian
Presiden Joko Widodo saat memberikan nasihat dengan menggunakan bahasa Mandailing. Foto: Budi Warsito/JawaPos.com

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan nasihat kepada anak dan menantunya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat prosesi adat mata ni horja di Medan, Sabtu (25/11) siang, dengan menggunakan bahasa Mandailing.

"Kita diajarkan, holong do maroban domu, domu maroban parsaulian, kasih sayang membawa persatuan, persatuan membawa kebaikan bersama. Ada beberapa hal yang Ananda berdua amalkan, pantun hangoluan, teas hamatean, untuk itu harus menjaga sopan santun. Jika tidak menjaga sopan santun maka malapetaka akan datang," kata Jokowi dalam prosesi ajar poda (nasehat orang tua).

Jokowi menyampaikan agar keduanya suan tobu di bibir dohot ate-ate, yang artinya manis bukan hanya di mulut tapi juga di hati. Kemudian dia menyampaikan tangi di siluluton, inte di siriaon. "Artinya, jika ada kemalangan walaupun tidak diundang kita wajib untuk datang dan menolong. Tapi jika ada kegembiraan kita hanya wajib datang kalau diundang. Bahat disabur sabi, anso bahat salongon. Kalau kita banyak menanam maka kita banyak memetik hasilnya," papar Jokowi.

Dalam nasihatnya, Jokowi juga mengatakan agar keduanya harus saling mencintai sebagai suami istri. Setelah mendengarkan ajar poda dari kedua orang tua, Bobby dan Kahiyang manortor di hadapan kedua orang tua. Prosesi ini disebut dengan tortor somba atau tarian sebagai tanda terima kasih dan penghormatan.

Usai melewati prosesi tapian raya na martua (marpangir), pasangan Bobby-Kahiyang ditabalkan gelar adat. Setelah itu dilakukan upa-upa.

Sebelumnya, Jokowi dan istrinya, Iriana disambut dengan tarian tortor mundur oleh pihak keluarga. Sesampainya di gelanggang Jokowi dan Iriana diulosi dengan ulos panggobak ni tondi. Mereka juga sempat manortor sambil diayapi oleh raja-raja adat dan anak boru dan kahanggi.

Tortor Somba menjadi penutup rangkaian adat yang dihelat sejak Jumat, (25/11) pagi. Miggu (26/11) besok, Bobby-Kahiyang akan diarak dalam kirab budaya yang diikuti kereta kencana, pagelaran busana adat dan becak motor hias. (bew/jpc)


Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengikuti dengan khidmat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dengan adat Mandailing.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News