Munaslub Golkar Penting untuk Jaga Kepercayaan Jokowi

Munaslub Golkar Penting untuk Jaga Kepercayaan Jokowi
Dedi Mulyadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai, keinginan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tingkat I dan II agar Golkar segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub), sangat wajar.

Pasalnya, kasus hukum yang menjerat Ketua Umum Setya Novanto dinilai berimbas sangat besar bagi partai berlambang beringin tersebut.

Karena itu butuh nakhoda baru, paling tidak untuk merubah imej yang terlanjur melekat. Roda organisasi tidak cukup hanya dipimpin seorang pelaksana tugas (plt) ketua umum.

"Ada dua alasan mengapa Munaslub Golkar harus segera dilakukan. Pertama, Golkar akan menghadapi Pilkada 2018 sehingga membutuhkan nakhoda yang kuat dan mapan dalam memimpin," ujar Hendri kepada JPNN, Sabtu (25/11).

Alasan lain, Golkar kata pengajar di Universitas Paramadina ini, juga membutuhkan perbaikan citra dengan cepat.

Paling tidak untuk menjaga kepercayaan rakyat terutama kepercayaan dari Presiden Joko Widodo. Karena Jokowi juga sudah pasti tidak mau citranya turun gara-gara Golkar.

"Ini penting, sebab selain sebagai presiden saat ini, Jokowi juga kandidat terkuat capres 2019. Bila luntur kepercayaan Jokowi, Golkar dapat terancam berada di luar kekuasaan, sesuatu cobaan yang amat sulit bagi Golkar," kata Hendri.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi menyebutkan sudah ada sekitar 20 DPD Tingkat I yang menginginkan Golkar segera menggelar munaslub untuk memilih pengganti Novanto.(gir/jpnn)

Munaslub Golkar paling tidak untuk menjaga kepercayaan rakyat terutama kepercayaan dari Presiden Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News