Jokowi Puji Gerakan Penanaman Pohon PDIP

Jokowi Puji Gerakan Penanaman Pohon PDIP
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memuji langkah PDI Perjuangan dalam menggalakkan cinta lingkungan melalui gerakan menanam pohon di seluruh Indonesia, sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-48 partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

Bagi Jokowi, para elite DPP, DPD hingga DPC sudah kompak bergerak menanam pohon di seluruh Indonesia hari ini. Gerakan masif itu sesuai dengan visi misi pemerintah.

"Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan keluarga besar PDI Perjuangan dalam penanaman pohon, ini sangat tepat dan sesuai dengan fokus pemerintah untuk melakukan pemulihan lingkungan, rehabilitasi lingkungan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di HUT Ke-48 PDIP yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (10/1).

Menurut Jokowi, implementasi dari fokus pemerintah itu sudah harus nyata dimulai tahun ini. Sebab, pemulihan lingkungan tak bisa dilepaskan dari upaya pembangunan ke depan.

"Yaitu membangun sebuah green economy, green product. Saya telah menginstruksikan untuk empat tahun ke depan Indonesia akan melakukan rehabilitasi perbaikan hutan mangrove kurang lebih 630 ribu hektare di seluruh tanah air. Kami tangani sampai 2024," bebernya.

Atas dasar itu, Jokowi mengatakan perlu lokasi pembibitan yang tahun ini telah dicanangkan pemerintah. Yakni dengan membangun sebuah persemaian di lima lokasi di lima provinsi.

Direncanakan, setiap provinsi akan berproduksi kurang lebih 50 juta benih pohon.

"Kurang lebih 50 juta benih pohon yang akan dipakai untuk merehabilitasi lahan-lahan yang sering longsor, provinsi-provinsi yang sering banjir, artinya dalam satu tahun bisa memproduksi 100 juta bibit pohon," kata Jokowi.

Sebagaimana diketahui, selain penanaman pohon, rangkaian HUT PDIP juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih sungai.

Cinta Ciliwung Bersih digalakkan di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, sungai-sungai di seluruh Indonesia juga dibersihkan oleh kader-kader PDIP sekaligus mengkampanyekan agar tak membuang sampah ke sungai. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Presiden Joko Widodo memuji langkah PDI Perjuangan dalam menggalakkan cinta lingkungan melalui gerakan menanam pohon. Pemerintah juga berupaya melakukan gerakan penghijauan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News