Jokowi Pulang Selasa Pagi, Malam Hujan Deras, Angin Kencang, Petir Menggelegar

Jokowi Pulang Selasa Pagi, Malam Hujan Deras, Angin Kencang, Petir Menggelegar
Gubernur Kaltim Isran Noor ketika meninjau lokasi banjir di Kota Balikpapan, Rabu (16/3/2022) siang. Foto: Tim Basarnas Kaltimtara.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur tiba-tiba dilanda cuaca buruk pada Selasa (15/3) malam.

Hujan deras disertai angin kencang dan kilat melanda Kota Minyak itu.

Diketahui, seusai berkemah semalam di lokasi IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pulang ke Jakarta, dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Selasa pagi.

Selasa malam hujan terus menguyur Kota penyangga IKN Nusantara itu hingga Rabu (16/3) pagi, mengakibatkan sejumlah kawasan terendam banjir.

Air terpantau cepat meninggi di sekitar kawasan permukiman Jalan MT Haryono, Kecamatan Balikpapan Utara.

Hari masih gelap, Tim SAR gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dan Basarnas Kaltimtara bergerak mengevakuasi warga. Ketinggian air yang terjadi di kawasan itu dianggap akan membahayakan warga.

"Airnya cepat meninggi Rabu dini hari tadi. Kami prioritaskan orang sakit, lansia dan anak-anak, sebagian kami bawa ke Puskesmas dan sebagian lagi ke posko sementara," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali dikonfirmasi JPNN.com, Rabu (16/3) siang.

Derasnya air bahkan sampai membuat tembok pagar di salah satu rumah warga menjadi roboh.

Presiden Jokowi meninggalkan IKN Nusantara, pulang ke Jakarta pada Selasa pagi, malam hari Balikpapan dilanda hujan deras, angin kencang disertai petir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News