Jokowi Serahkan 1.158 Sertifikat Tanah di Madina

Jokowi Serahkan 1.158 Sertifikat Tanah di Madina
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah kepada warga beberapa waktu lalu. Foto: ilustrasi dokumen JPNN

jpnn.com, MADINA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 1.158 sertifikat kepada perwakilan warga dari seluruh kota dan kabupaten se-Sumatera Utara, di Taman Raja Batu, Mandailing Natal Bukit Payaloting, Sumut, Sabtu (25/3).

Jokowi mengatakan, sertifikat yang sudah ada di tangan pemilik tanah itu adalah tanda bukti bahwa mereka adalah salah satu bagian dari pemilik NKRI, dengan memiliki sertifikat tanah.

“Jadi sekarang bapak ibu sudah bisa berani mengatakan, saya adalah pemilik NKRI, buktinya ini sertifikat saya,” katanya, dalam bagian kegiatan Pembinaan Fasilitasi dan Kerjasama akses reform bagi masyarakat penerima sertifikat hak atas tanah.

Target penerbitan sertifikat masih banyak. Untuk tahun ini sebanyak 5 juta, pada tahun 2018 sebanyak 7 juta dan 2019 mencapai 9 juta sertifikat.

“Ini saya perintahkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang. Target tahun ini 5 juta, seluruh Indonesia harus keluar. Bila harus seluruhnya, pegawai sulit sampai kan. Bisa recruitment semacam outsourcing bila pegawai kurang. Karena tahun ini 5 juta, tahun depan 7 juta. Hingga tidak ada lagi tanah yang tak bersertifikat di negara ini,” ungkapnya.

Jokowi Serahkan 1.158 Sertifikat Tanah di Madina

Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu (25/3). Foto/setkab.go.id

Dia menegaskan BPN Daerah hingga Menteri akan dapat sanksi, jika hal tersebut tidak tercapai.

Reform agraria ini, lanjutnya wujud keadilan dari penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan dalam pemanfaatan tanah, wilayah serta yang ada di dalamnya. Hal itu juga akan meminimalisir konflik agraria.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 1.158 sertifikat kepada perwakilan warga dari seluruh kota dan kabupaten se-Sumatera Utara, di Taman Raja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News