Jokowi: Siapkan Tempat Warga Jualan Cendera Mata di Sini

Peresmian KEK Mandalika

Jokowi: Siapkan Tempat Warga Jualan Cendera Mata di Sini
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di KEK Mandalika, NTB, Jumat (20/10). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan khusus kepada jajaran pemerintah daerah untuk mendukung keberlangsungan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepada gubernur, bupati, maupun pangdam dan danrem, mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta mereka menghijaukan kawasan KEK Mandalika dengan aneka tanaman.

"Ditanami biar hijau dan tambah cantik. Kawasan-kawasan yang kurang vegetasi ditanami. Ajak provinsi, kabupaten, dan pangdam, untuk ikut bersama-sama. Tanaman mau minta berapa ratus ribu atau juta saya kirim," ucap Presiden yang akrab disapa Jokowi di Pantai Kuta, Lombok Tengah, Jumat (20/10).

Dia kemudian juga menginstruksikan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan Mandalika untuk menata kawasan tersebut dengan baik.

Salah satu di antaranya ialah mempersiapkan area khusus bagi pengunjung yang ingin membeli cendera mata khas kawasan itu.

"Jangan masyarakat diminta membuat sendiri-sendiri sehingga kawasan menjadi tidak tertata. Siapkan lahan untuk kawasan cendera mata biar masyarakat ikut menikmati kawasan ini. Bangun dan tata yang baik," pintanya.

Mantan wali kota Surakarta itu juga mengingatkan untuk membangun kawasan dengan memunculkan kearifan lokal yang menjadi kekuatan kawasan tersebut. NTB sendiri disebut Presiden memiliki kekuatan arsitektur yang unik yang dapat memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung.

"Harus ada pembedanya dengan Bali dan kawasan wisata yang lain. Di NTB ini memiliki kekuatan arsitektur yang baik, baik rumah-rumah suku Sasak dan lainnya. Kekuatan karakter harus dimunculkan. Jangan nanti di sini yang banyak malah rumah model Spanyol," tegas dia.

PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan Mandalika harus menata kawasan tersebut dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News