Rabu, 17 Juli 2019 – 19:44 WIB

Jokowi Sukses Gelar Asian Games, tak Sulit Pindahkan Ibu Kota Negara

Rabu, 15 Mei 2019 – 05:57 WIB
Jokowi Sukses Gelar Asian Games, tak Sulit Pindahkan Ibu Kota Negara - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi - Amin, Michael Umbas yakin masalah pemindahan ibu kota negara bagi Presiden Joko Widodo bukanlah hal sulit.

Apalagi, mantan wali kota Surakarta itu telah berhasil mengulang kesuksesan Presiden pertama RI Soekarno dalam pelaksanaan Asian Games.

Demikian disampaikan Umbas dalam diskusi yang digelar Arus Bawah Jokowi bertema “Memindahkan Ibu Kota: Ide Bung Karno dan Implementasi Jokowi” di Jakarta, Selasa (14/5). Hadir ada forum itu Plt Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik, dan Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

"Rencana memindahkan ibu kota negara dari Jakarta bukanlah hal yang sulit bagi Presiden Jokowi. Beliau pemimpin visioner sekaligus mampu merealisasikannya. Banyak hal yang sudah dia diwujudkan. Misalnya berhasil mengulang sukses Bung Karno menggelar Asian Games yang sangat prestisius di mata Internasional," ucap Umbas.

Kemudian infrastruktur dibangun merata di semua daerah, baik jalan tol, tol laut, hingga jalan desa, irigasi, bendungan.

Presiden Jokowi juga merealisasikan MRT di Jakarta yang idenya sudah sejak zaman Soeharto. Namun baru terealisasi era mantan gubernur DKI itu, sehingga Indonesia sudah seperti negara maju.

Ketika Jokowi membahas gagasan besar untuk memindahkan ibu kota Jakarta, lanjut Umbas, banyak yang nyinyir. Misalnya ada yang menyebut rencana penindahan ibu kota hanya buntut kekecewaan karena Ahok kalah dalam Pilkada di DKI.

"Ada juga yang memganggap itu hanya sebagai pengalihan isu di tengah sengketa pemilu 2019. Padahal pemindahan ibu kota tak serendah dan sekecil anggapan mereka itu. Gagasan Pak Jokowi itu untuk kepentingan jangka panjang seluruh rakyat Indonesia," tutur Umbas.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar