Jokowi Tinjau Jalan Tol yang Akan Mengubungkan Pekanbaru-Padang

Jokowi Tinjau Jalan Tol yang Akan Mengubungkan Pekanbaru-Padang
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (19/5). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi pembangunan tol ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (19/5).

Jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang merupakan jalan sepanjang 40 kilometer dan menjadi bagian dari tol Trans-Sumatera yang akan membentang dari Aceh sampai Lampung sepanjang 3.049 kilometer.

"Ini berada di (jalan tol seksi) Pekanbaru-Bangkinang dan nantinya akan terhubung ke arah Padang. Kami harapkan perkembangan pembangunannya semakin hari semakin panjang," ujar Jokowi di lokasi.

Menurut Jokowi saat ini proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi tersebut telah mencapai 60,7 persen. Kemudian untuk proses konstruksi sendiri telah mencapai 65,60 persen.

Konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai pada Desember 2021. Tol ini nantinya akan terhubung dengan jalan bebeas hambatan yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Eks Wali Kota Solo itu optimistis semakin banyak wilayah yang terhubung di Pulau Sumatera, maka semakin cepat dari mobilitas orang dan barang.

Jokowi meyakini akan meningkatkan daya saing Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Kota Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain," kata Presiden.

Jokowi menuturkan berdasarkan data yang diterima proyek pembangunan ruas jalan tol tersebut mampu menyerap hingga 11.984 tenaga kerja.

Proyek tersebut juga menjalankan program padat karya tunai dengan anggaran yang direncanakan senilai Rp 21,13 miliar untuk menyerap 5.788 tenaga kerja pada 2021 ini.

Mendampingi Presiden dalam peninjauan adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Selain itu, hadir juga Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi pembangunan tol ruas Pekanbaru-Padang. Dia mengharapkan akan muncul kecepatan dari mobilitas orang dan barang di Riau dan Padang.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News