JPNN.com

Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Panjaitan Jadi Pengganti Sementara Edhy Prabowo

Kamis, 26 November 2020 – 04:19 WIB
Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Panjaitan Jadi Pengganti Sementara Edhy Prabowo - JPNN.com
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (mengenakan rompi oranye) saat digiring menuju ruang tahanan KPK, Rabu (25/11) jelang tengah malam. Foto: Indrianto Eko Suwarso/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) sementara waktu menggantikan Edhy Prabowo.

Edhy diketahui telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan izin ekspor bibit lobster di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi mengatakan, Luhut telah menerima penugasan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim itu dari Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KKP, maka presiden berkenan menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KKP ad interim," kata Jodi saat dikonfirmasi, Rabu (25/11).

Sebelumnya KPK telah mengamankan sebanyak 17 orang terkait kasus dugaan izin ekspor bibit lobster.

Istri Edhy dan pejabat KKP juga diamankan dalam operasi penangkapan secara terpisah di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, dan Depok.

Lembaga antirasuah itu juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya kartu debit ATM. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...