Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Menko Marves Ad Interim

Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Menko Marves Ad Interim
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim.

Sandiaga menggantikan sementara posisi Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang dinas ke luar negeri.

Penunjukan Sandiaga tertuang dalam Surat Nomor B-795/M/D-3/AN.00.03/08/2023 yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 18 Agustus 2023, yang dikutip di Jakarta, Minggu (20/8).

Dalam surat itu tertulis: Berkenaan dengan surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023, hal Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan tanggal 19 s.d. 26 Agustus 2023 serta Usulan Menteri Ad Interim, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim selama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melakukan perjalanan dinas keluar negeri.

Untuk diketahui Menko Luhut saat ini mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke sejumlah negara di Afrika.

Presiden ketujuh RI itu melakukan lawatan ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, selama 20-25 Agustus 2023.

Lawatan itu merupakan kunjungan perdana Jokowi ke kawasan Afrika yang bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global.

Selain Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Presiden Jokowi menunjuk Sandiaga Uno jadi Menko Marves Ad Interim selama Luhut Pandjaitan mendampingi kepala negara kunjungan ke luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News