Jokowi Ungguli Mega di Bursa Kandidat Ketua PDIP

Jokowi Ungguli Mega di Bursa Kandidat Ketua PDIP
Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (25/1) merilis hasil survei yang mengungkap bahwa mayoritas responden menginginkan Joko Widodo menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan.

Sebanyak 36,8 persen responden menyatakan Jokowi lebih layak memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu. Sedangkan hanya 23,9 persen responden yang menganggap Megawati Soekarnoputri masih layak memimpin partai besutannya.

"Menurut publik, Megawati sebaiknya tidak lagi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan. Yang tak ingin Mega maju lagi ada 51 persen. Sementara yang mendukung maju hanya 37 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 12 persen,” kata Direktur Riset LSI Hendro Prasetyo, Minggu (25/1) di Jakarta dalam paparannya.

Hendro menyatakan, hasil survei lainnya juga mencatatkan nama-nama lain yang dianggap layak memimpin PDI Perjuangan, meski presentase dukungan masih minim. Mereka adalah Puan Maharani 6,1 persen, Ganjar Pranowo 5,6 persen, Pramono Anung 2,6 persen, Maruarar Sirait 1,5 persen, Tjahjo Kumolo 1,2 persen, nama lainnya 0,3 persen dan tidak menjawab 21,9 persen.

Menurut Hendro, survei ini dilakukan pada 10-18 Januari 2015 dengan melibatkan 1.220 responden di 33 provinsi. Margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Idil Akbar mengatakan secara objektif, hasil survei tersebut telah menunjukkan keinginan publik supaya terjadi regenerasi dalam kepemimpinan di PDI Perjuangan. “Tapi persoalannya di internal PDIP apakah hal ini bisa diterima? Saya tidak begitu yakin,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (25/1) menanggapi hasil survei itu.

Menurutnya, Jokowi boleh saja jadi Presiden dan diusung oleh PDI Perjuangan. Namun, bukanlah hal mudah menggeser ketokohan Megawati dari Ketum PDI Perjuangan.

Selain itu, Idil melanjutkan, apakah Jokowi sendiri memiliki rasa percaya diri yang tinggi berhadapan dengan Megawati dalam pencalonan Ketum PDI Perjuangan.

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (25/1) merilis hasil survei yang mengungkap bahwa mayoritas responden menginginkan Joko Widodo menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News