JPNN.com

Jokowi Yakin Perekonomian Indonesia Pulih, Ini Ciri-cirinya

Minggu, 25 Oktober 2020 – 00:26 WIB
Jokowi Yakin Perekonomian Indonesia Pulih, Ini Ciri-cirinya - JPNN.com
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA/Humas Kemensetneg

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perekonomian Indonesia sudah menunjukkan geliat yang membaik akhir-akhir ini.

Jokowi membeberkan sejumlah indikasi perbaikan ekonomi itu.

Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk yang luar biasa dan telah menciptakan efek domino, mulai dari masalah kesehatan hingga masalah sosial dan ekonomi.

Seluruh lapisan masyarakat terkena dampaknya, mulai dari tingkatan rumah tangga, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga korporasi.

Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual pada peringatan hari ulang tahun ke-56 Partai Golkar menyebut, pandemi Covid-19 telah membuat kontraksi ekonomi di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

"Perekonomian di berbagai negara mengalami kontraksi, bahkan resesi. Tak ada yang kebal dari pandemi, termasuk negara kita Indonesia," kata dia melalui telekonferensi, Sabtu (24/10).

Jokowi menjelaskan, sebelum pandemi, ekonomi Indonesia selalu tumbuh sekitar 5 persen. Pada 2019 misalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,02 persen.

Akibat pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat menjadi 2,97 persen di triwulan pertama, dan minus 5,32 persen di triwulan kedua 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama