Joss! Harga Kelapa Sawit Sedang Bertengger di Atas Awan, Jadi Sebegini...

Joss! Harga Kelapa Sawit Sedang Bertengger di Atas Awan, Jadi Sebegini...
harga kelapa sawit sedang berada di atas awan atau pada angka tertinggi. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh Utara menyebutkan harga kelapa sawit sedang berada di atas awan atau pada angka tertinggi.

Ketua Apkasindo Aceh Utara Kastabuna mengatakan harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat agen pengepul di daerah itu mencapai Rp 1.900 per kilogram.

"Kondisi tersebut sangat menguntungkan petani," kata Kastabuna, di Lhokseumawe, Jumat (20/8).

Dia membeberkan saat ini harga TBS di pabrik kelapa sawit (PKS) di kisaran Rp 2.100 hingga Rp 2.270 per kilogram. Di Aceh Utara ada dua PKS menampung hasil TBS petani lokal yakni PTPN I dan PT Ika Bina Argo Wisesa (IBAS),

"Kalau PT IBAS harganya lebih mahal karena PTPN I memiliki kebun sendiri. Untuk harganya, PTPN I menampung harga TBS kelapa sawit Rp 2.105 per kilogram. Sedangkan PT IBAS mencapai Rp 2.270 per kilogram," kata Kastabuna.

Namun, kata Kastabuna harga TBS kelapa sawit di Aceh Utara kalah dengan harga TBS di Riau yang mencapai Rp 2.500 per kilogram.

"Kalau di Riau sarana dan prasarananya memadai dan PKS juga banyak, sehingga terjadi persaingan yang mengakibatkan harga juga ikut naik," kata Kastabuna.

Menurut Kastabuna, tingginya harga TBS kelapa sawit saat ini karena dipengaruhi naiknya harga CPO atau minyak sawit mentah selama pandemi COVID-19.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh Utara menyebutkan harga kelapa sawit sedang berada di atas awan atau pada angka tertinggi, mencapai Rp 1.900 per kilogram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News