JRPPB Kembali Temukan Pemilih Ganda di PSU Muna

JRPPB Kembali Temukan Pemilih Ganda di PSU Muna
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jaringan Rakyat Pemantau Pilkada Bersih (JRPPB), kembali menemukan sejumlah kecurangan dalam Pilkada Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara. Kecurangan tersebut adanya sejumlah pemilih ganda yang telah menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain di luar dua TPS yang digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), pada 19 Juni 2016.

"Tak hanya tu, ditemukan banyak pemilih yang tidak memenuhi syarat yaitu pemilih dari luar Kabupaten Muna," kata juru bicara JRPPB Nur Arifin, dalam rilisnya, Rabu (20/7).

Temuan lainnya lanjut Nur, ada pemilih yang menggunakan dokumen kependudukan yang sudah  tidak berlaku dan identitas kependudukan berasal dari kecamatan dan kabupaten lain.

Bahkan, pihaknya juga menemukan banyak praktek politik dan menduga adanya intervensi tim pasangan  calon (paslon) nomor urut 1 terhadap KPU dalam proses pelaksanaan PSU. "Penemuan terakhir, masih  adanya dugaan keberpihakan aparat kepolisian kepada paslon nomor urut 1,“ imbuhnya.

Menyikapi temuan itu ujar Nur, JRPPB mendesak KPU Pusat kembali mengelar PSU di Muna karena sarat dengan berbagai kecurangan yang mencenderai demokrasi.

"Kami mendesak Mahkamah Konstitusi, jika ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh pihak paslon yang tidak puas, untuk mendiskualifikasi hasil PSU dikabupaten Muna," sarannya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News