Juara di Pileg, Untungkan PDIP Dalam Pilpres

Juara di Pileg, Untungkan PDIP Dalam Pilpres
Juara di Pileg, Untungkan PDIP Dalam Pilpres

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti CSIS, Philips J. Vermonte menyatakan, PDI Perjuangan berada dalam posisi menguntungkan dalam Pemilihan Presiden usai memenangkan Pemilihan Legislatif lalu.

Dalam pileg, partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu menang di seluruh Pulau Jawa.

"PDIP dalam posisi menguntungkan, karena seharusnya PDIP bisa berasumsi pemilih di Pulau Jawa memilih pasangan yang diusung mereka," kata Philips dalam diskusi "Faktor Islam dalam Pilpres" di Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (28/6).

Menurut Philips, persoalan yang ada sekarang adalah bagaimana mengelola suara PDIP di provinsi Jawa. Saat ini, kata dia, persaingan di sana masih sangat ketat.

"Sejauh ini di Jawa Timur pemilih terpecah dua di pasangan nomor urut 1 atau 2. Jawa Barat juga ketat," ujar Philips.

Dikatakan Philips, siapapun yang bisa memenangkan Jawa Barat bisa menjadi pemenang pemilu. Menurutnya, hal itu sangat wajar.

"Itu sangat masuk akal karena Jawa Barat menarik dia representasi ada urbannya dan  pluralnya. Sehingga Jawa Barat itu sebetulnya cerminan situasi demografi Indonesia. Semua terwakili dalam proporsi yang besar," tandas Philips. (gil/jpnn)


JAKARTA - Peneliti CSIS, Philips J. Vermonte menyatakan, PDI Perjuangan berada dalam posisi menguntungkan dalam Pemilihan Presiden usai memenangkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News