Jubir Anies: Sektor Jasa Jadi Kunci di 14 Kota Penggerak Ekonomi

Jubir Anies: Sektor Jasa Jadi Kunci di 14 Kota Penggerak Ekonomi
Juru bicara Anies Baswedan yang juga mantan menteri perdagangan, Thomas Trikasih Lembong. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan ingin menambah pusat pengembangan ekonomi di luar wilayah Jawa Barat.

Jika dia terpilih nanti, minimal 14 kota akan menjadi mesin penggerak ekonomi yang memungkinkan bagi semua untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang setara.

Thomas Trikasih Lembong, juru bicara Anies Baswedan, menjelaskan pentingnya mewujudkan gagasan Anies tersebut.

Dia menegaskan bahwa yang terpenting dalam pengembangan perkotaan sebagai mesin ekonomi adalah sektor jasa.

"Kota adalah sentra berbagai industri jasa, seperti perbankan dan keuangan, kesehatan dan pendidikan, ritel dan properti (real estate), dan hiburan. Semuanya adalah bagian dari sektor jasa. Orang dari daerah datang ke kota untuk cari jasa kesehatan, jasa pendidikan, untuk belanja barang yang menarik dan mencari hiburan. Sebaliknya, daerah di sekitar perkotaan menjadi pemasok buat kota: pasokan pangan, perumahan, pasokan listrik dan air, dan jasa penunjang lainnya,” terang mantan menteri perdagangan itu.

Kunci untuk sektor jasa yang dinamis sebagai motor ekonomi perkotaan, ujar dia, adalah keterampilan tenaga kerja.

Thomas Lembong memastikan bahwa pemerintahan Anies akan menitikberatkan pada pelatihan teknik jasa dan latihan vokasi yang dibutuhkan sektor jasa

“Karena sektor jasa ini isinya orang semua, dan pekerjanya harus terampil di bidang keuangan, di bidang kesehatan, di bidang pendidikan, di bidang jasa perumahan, dan sebagainya. Lapangan kerja di sektor jasa adalah lapangan kerja berkualitas tinggi. Satu pusat belanja atau mal besar bisa memperkerjakan lebih banyak pekerja dari lima pabrik, dengan gaji yang baik dan kondisi kerja nyaman. Tapi pekerjanya harus terampil,” papar dia.

Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan ingin menambah pusat pengembangan ekonomi di luar wilayah Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News