Junimart Girsang Dukung Instruksi Presiden Soal Percepatan Vaksinasi di Daerah

Junimart Girsang Dukung Instruksi Presiden Soal Percepatan Vaksinasi di Daerah
Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Junimart Girsang. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mendukung penuh instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para kepala daerah khususnya Bupati dan Wali kota untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 demi terwujudnya herd immunity.

“Kami mengapresiasi perhatian penuh dan tulus dari Pak Jokowi untuk menyelamatkan anak bangsa ini,” ujar Junimart Girsang di Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Junimart mengingatkan instruksi tersebut harus diiringi dengan percepatan distribusi vaksin oleh pemerintah pusat kepada Pemda. Sebab, instruksi itu berlaku kepada seluruh daerah, tidak hanya daerah di Pulau Jawa dan Bali saja.

“Pemerintah pusat mesti mendistribusikan vaksin sesuai permintaan daerah dan dilakukan secara transparan. Instruksi tersebut jelas berlaku bagi seluruh kepala daerah termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut),” ungkap anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Dapil Sumut III itu.

Menurut pria kelahiran Kabupaten DAIRI itu, salah satu kunci percepatan vaksinasi dapat dilakukan jika pemerintah pusat bertindak lebih sigap membangun koordinasi dan komunikasi dengan seluruh Pemdaterkait distribusi vaksin.

"Oleh karena itu, tidak boleh ada permintaan vaksin dari Pemda yang diabaikan dengan alasan stok vaksin kosong,” terangnya.

Selain itu, Jumimart juga mengkritisi masalah tidak jelasnya koridor tata cara mendapatkan vaksin bagi Pemda di tingkat Kabupaten/Kota. Hal tersebut menjadi kendala bagi para Kepala Daerah untuk mendapatkan stok vaksin.

"Yang belum jelas dan bisa jadi masalah, ke mana para kepala daerah meminta vaksin itu? Apakah bisa langsung ke pemerintah pusat atau tetap melalui pemerintah provinsi. Ini adalah kendala yang dialami para kepala daerah selama adanya vaksinasi ini,’ ujar Junimart.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi kepada para kepala daerah khususnya bupati dan wali kota untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News