Jumlah Janda Sampai Akhir Tahun Bakal Terus Melonjak

Jumlah Janda Sampai Akhir Tahun Bakal Terus Melonjak
Angka perceraian meningkat, jumlah janda ribuan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pengadilan Agama Kota Balikpapan mengungkapkan data perceraian yang terjadi di wilayahnya sepanjang periode Januari-Oktober 2021.

Menurut Kepala Pengadilan Agama Kota Balikpapan Darmuji, angka perceraian di Kota Balikpapan terus meningkat.

Jumlah kasus perceraian yang mereka tangani sepanjang Januari-Oktober 2021 mencapai 2.200 perkara.

“Hingga bulan Oktober kemarin jumlah kasus perceraian yang ditangani oleh Pengadilan Agama Kota Balikpapan tercatat mencapai 2.200."

"Sehingga apabila sampai tiga bulan ke depan diperkirakan jumlahnya masih akan naik lagi hingga 2.700 kasus,” kata Darmuji, Selasa.

Dari data tersebut, Darmuji menjelaskan diperkirakan jumlah angka perceraian yang ada di Kota Balikpapan akan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yang tercatat mencapai 2.400 kasus perceraian selama satu tahun.

Dia menjelaskan dari seluruh kasus yang saat ini sedang ditangani sebagian besar merupakan gugatan cerai yang diajukan oleh pihak perempuan.

“Kalau bicara kasus memang dari yang ditangani oleh pengadilan agama itu paling banyak ialah gugatan dari perempuan dengan persentase 60 banding 40,” jelas dia.

Menurut Kepala Pengadilan Agama Kota Balikpapan Darmuji, angka perceraian di Kota Balikpapan mencapai 2.200 kasus. Artinya jumlah perempuan berstatus janda makin banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News