Jumlah ODHA di Surabaya Terus Turun

Jumlah ODHA di Surabaya Terus Turun
Jumlah ODHA di Surabaya Terus Turun

jpnn.com - SURABAYA - Gencarnya kampanye penularan HIV/AIDS di Kota Pahlawan Surabaya nampaknya berbuah manis. Sebab, Berdasarkan data Dinas Kesehatan Surabaya, jumlah pengidap dari tahun ke tahun terus menurun. 

Berdasar data yang diterima dari Dinkes Surabaya, hingga Oktober tercatat hanya 547 pasien ODHA. Padahal, sebelumnya pada 2012 ada 752 pasien. Bahkan, pada 2011 sekitar 811 pasien. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg Febria Rachmanita mengatakan, penurunan itu terjadi karena upaya pencegahan penularan bisa dijalankan.

Selain penutupan di sejumlah tempat lokalisasi, penyuluhan terhadap PSK serta edukasi di tiap kecamatan dilaksanakan. Yang terbaru adalah dibentuknya tim khusus dari dinkes yang bertugas turun ke beberapa perusahaan atau instansi untuk memberikan penyuluhan kepada karyawan. "Kalau yang turun ke beberapa perusahaan, kami sudah jalankan, tapi memang tidak semua perusahaan kami masuki," ungkapnya.

Selain itu, kesadaran PSK dalam memeriksakan diri turut menurunkan distribusi pasien dari penjaja seks. Terbukti, tahun ini saja ODHA yang berasal dari PSK sekitar 90 pasien. Padahal, tahun sebelumnya mencapai 135 pasien. (dha/may/end/mas)

SURABAYA - Gencarnya kampanye penularan HIV/AIDS di Kota Pahlawan Surabaya nampaknya berbuah manis. Sebab, Berdasarkan data Dinas Kesehatan Surabaya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News