Jumlah Penderita HIV/AIDS Daerah Ini Mengkhawatirkan, Angkanya Wow Banget

Jumlah Penderita HIV/AIDS Daerah Ini Mengkhawatirkan, Angkanya Wow Banget
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - PADANG — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melansir data terbaru jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di Sumbar tahun ini.

Jumlah itu cukup mengkhawatirkan karena totalnya mencapai 1.192 orang. 

Penderitanya terbanyak dari kalangan penyuka hubungan sesama jenis atau homoseksual. 

“Di seluruh kabupaten dan kota sudah ditemukan kasusnya (HIV/AIDS),” ungkap Sekretaris KPA Sumbar Efrida Aziz kepada Padang Ekspres.

Menurutnya, jumlah penderita sangat banyak mengkhawatirkan bagi Sumbar. Paling banyak berada di Kota Padang dengan jumlah mencapai 557 orang. “Semua data itu, bersumber dari Kementerian Kesehatan,” tandasnya.

Penularan virus HIV/AIDS bisa terjadi karena faktor pergaulan bebas atau berhubungan badan secara bebas, kumpul kebo, dan penggunaan narkoba dengan jarum suntik.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat waspada. “Penularan penyakit ini bisa terjadi secara sederhana, seperti penggunaan pisau cukur di tempat pangkas atau salon,” katanya.

Saat ini, katanya, KPA sedang fokus menyosialisasikan agar penyakit itu tidak merambah lebih luas di Sumbar. 

PADANG — Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melansir data terbaru jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News