Jumlah Penumpang Bus Turun, Pesawat Naik

Jumlah Penumpang Bus Turun, Pesawat Naik
Jumlah Penumpang Bus Turun, Pesawat Naik

jpnn.com - JAKARTA - Moda transportasi kereta api menjadi primadona selama mudik lebaran tahun ini dibanding transportasi lainnya. Selain harga tiketnya lebih terjangkau, naik kereta juga terhindar dari kemacetan panjang.

Melihat fenomena ini, Menteri Perhubungan EE Mangindaan menuturkan, bukan berarti moda yang lain tidak diminati pemudik. Beberapa moda transportasi kata Mangindaan, hanya mengalami penurunan.

"Untuk bus, bukan sepi, tapi turun, dari 20 ribu ke 18 ribuan penumpang. Sehingga (bus-bus-red) ada yang nganggur, karena semuanya sudah naik kereta api," ungkap Mangindaan di Jakarta, Rabu (6/8).

Moda transportasi udara lainnya yang juga mengalami kenaikan, yakni pesawat terbang. Menurut Mangindaan, saat ini mudik atau berpergian menggunakan pesawat terbang bukanlah barang yang mewah lagi. Buktinya, lanjut Mangindaan, banyak pembantu rumah tangga (PRT) yang mudik menggunakan pesawat.

"Apalagi pesawat udara ya. Pembantu rumah tangga mudik naik pesawat itu udah bukan hal yang mahal lagi ya. Kalau untuk pesawat, kenaikannya mencapai 8,09 persen," tutur Politisi Partai Demokrat ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Moda transportasi kereta api menjadi primadona selama mudik lebaran tahun ini dibanding transportasi lainnya. Selain harga tiketnya lebih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News