Jumlah PNS Kukar Terbanyak di Indonesia

Jumlah PNS Kukar Terbanyak di Indonesia
Jumlah PNS Kukar Terbanyak di Indonesia
SAMARINDA– Memiliki 17.244 pegawai, Kutai Kartanegara menjadi daerah yang memiliki pegawai negeri terbesar di Kaltim. Ditambah sekitar 7.000 tenaga honorer, jumlah pegawai di kabupaten itu bahkan disebut-sebut sebagai yang terbesar di Indonesia.

Dari data kepegawaian, setelah Kukar, di posisi kedua Samarinda dengan 10.283 PNS. Sementara Tana Tidung adalah yang paling sedikit dengan 1.047 PNS. Total keseluruhan PNS di Kaltim saat ini sebanyak 85.874 orang dan tenaga honorer 9.162 orang. Jumlah PNS dan honorer di Kaltim adalah 95.036 pegawai.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kaltim yang 3,5 juta, maka rasio antara PNS dan jumlah penduduk Kaltim adalah 1 pegawai banding 40 penduduk. "Tetapi ada profesi tertentu, seperti dokter umum atau tenaga pengajar seperti guru Fisika yang masih kurang. Itu bisa dilihat dari formasi calon PNS yang diajukan Kaltim," ungkap Sekretaris Provinsi Kaltim Irianto Lambrie.

Dijelaskan, jika di Pulau Jawa, rasio 1:40 itu adalah perbandingan yang ideal. "Karena di Jawa, wilayahnya tidak terlalu luas dan infrastrukturnya sudah baik. Jika komposisi yang sama diterapkan di Kaltim, tidak bisa," jelas Sekprov.

SAMARINDA– Memiliki 17.244 pegawai, Kutai Kartanegara menjadi daerah yang memiliki pegawai negeri terbesar di Kaltim. Ditambah sekitar 7.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News