Jumlah PNS Tahun Ini Berkurang Hingga 25 Ribu

Jumlah PNS Tahun Ini Berkurang Hingga 25 Ribu
Jumlah PNS Tahun Ini Berkurang Hingga 25 Ribu

jpnn.com - JAKARTA--Tahun ini jumlah PNS yang akan pensiun se-Indonesia sekitar 120 ribu hingga 125 ribu. Hanya saja, formasi aparatur sipil negara (ASN) yang disiapkan pemerintah untuk direkrut tahun ini hanya 100 ribu. Itu berarti tahun ini jumlah pegawai mengalami pengurangan antara 20 ribu sampai 25 ribu.

"Ada sekitar 120 ribuan PNS yang akan pensiun tahun ini. Itu sebabnya pemerintah membuka seleksi ASN tahun ini, namun kuota yang disediakan tidak sebanyak itu tapi hanya 100 ribu," kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Tasdik Kinanto saat menerima audience DPRD Semarang di media center, Selasa (8/7).

Dia menyebutkan, prinsip penerimaan pegawai baru saat ini lebih diarahkan pada zero growth, artinya pertumbuhan pegawai menuju ke nol.

"Kalaupun yang pensiun banyak,bukan berarti semua harus diisi lagi. Kita isi yang penting-penting saja dan benar-benar dibutuhkan," ujarnya.

Ditegaskan Tasdik, kebijakan zero growth semangatnya bukan menambah SDM, tapi mendayagunakan sumber daya yang ada. Apalagi saat ini negara sedang mengalami kesulitan keuangan negara.

"Daerah bisa tambah pegawai tapi harus benar-benar sesuai kebutuhan," terangnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Tahun ini jumlah PNS yang akan pensiun se-Indonesia sekitar 120 ribu hingga 125 ribu. Hanya saja, formasi aparatur sipil negara (ASN) yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News