Jurus Jitu Grup MIND ID untuk Mendorong UMKM Naik Kelas

Jurus Jitu Grup MIND ID untuk Mendorong UMKM Naik Kelas
Menteri ESDM Arifin Tasrif menghadiri Bazar UMKM yang diikuti juga oleh MIND.ID. Foto: dok Mind.id

jpnn.com, JAKARTA - MIND ID bersama dengan seluruh anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk mengajak sejumlah UMKM Mitra binaan hadir dalam ajang pameran Bazar UMKM yang diadakan Kementerian ESDM.

Pameran bazar ini yang diselenggarakan dari 4 - 6 April 2023 ini dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi demi menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif mengajak seluruh direktur utama yang hadir untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

"Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi pada hari ini, kita, Kementerian ESDM mengadakan kegiatan bazar yang mengusung tema Sobat Energi Belanja UMKM," ujar Arifin pada Selasa (4/4).

MIND ID secara konsisten juga turut mendukung pengembangan dan mendorong seluruh mitra binaan di anggota grup untuk bisa naik kelas.

Tercatat pada akhir 2021 dan 2022, lebih dari 800 UMKM mitra binaan Grup MIND ID mengalami peningkatan.

Hendi Prio Santoso selaku Direktur Utama MIND ID turut hadir dalam acara pembukaan bazar yang bertemakan Sobat Energi Belanja UMKM tersebut.

Hendi menceritakan salah satu strategi Grup MIND ID dalam mendorong pengembangan UMKM melalui pembagian berdasarkan kluster.

Tercatat pada akhir 2021 dan 2022, lebih dari 800 UMKM mitra binaan Grup MIND ID mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News