JPNN.com

Jurus Mas Ganjar Bantu UMKM di Masa Pandemi, Ada yang Bikin Terenyuh

Kamis, 13 Agustus 2020 – 13:43 WIB
Jurus Mas Ganjar Bantu UMKM di Masa Pandemi, Ada yang Bikin Terenyuh - JPNN.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi redaksi JPNN.COM di Jakarta, Rabu (12/8). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tengah berupaya dengan berbagai cara untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerahnya.

Orang nomor 1 di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu pun rela menjadi endorser produk-produk UMKM.

“Saya sampai ditelepon Pak Tanri Abeng (mantan menteri BUMN), bahwa UMKM di Jateng harus benar-benar diselamatkan. Gejolak ekonomi saat ini bukan seperti 1998 ketika perbankan kesulitan, sekarang UMKM kena imbas langsung pandemi Covid-19,” ujar Ganjar saat mengunjungi redaksi JPNN.COM dan GenPI.Co di Graha Pena Jakarta, Rabu (12/8) malam.

Untuk itu, belum lama ini gubernur ke-15 Jateng tersebut menyediakan ‘Lapak Ganjar’ di Instagram. Ganjar membantu pelaku UMKM di Jateng memasarkan produk mereka melalui akunnya di Insta Story.

“Seminggu sekali ada Lapak Ganjar. Ternyata peminatnya membeludak, bahkan ada yang dari NTT (Nusa Tenggara Timur, red) juga minta dipajang di Lapak Ganjar,” tutur ketua umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) itu.

Memang, tidak semua produk UMKM di Jateng serta-merta dipajang di Lapak Ganjar. Sebab, Ganjar juga pengin para pelaku UMKM bisa membuat foto-foto yang baik agar produk mereka lebih potensial memikat pembeli.

“Saya pengin foto yang dikirim untuk Lapak Ganjar itu juga elok dipajang, pembuatanya juga tenanan (serius, red). Jadi orang melihatnya juga tertarik, bukan foto yang asal-asalan terus dikirim,” tuturnya.

Salah satu kisah sukses dari Lapak Ganjar adalah teri bawang goreng yang diproduksi pelaku UMKM di Blora. “Pembuatnya mengaku omzetnya tiba-tiba naik, salah satu pembelinya ternyata Ari Lasso yang kini juga punya usaha jualan siomai,” tutur pemilik akun di Instagram dengan 3 juta followers itu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara