Jumat, 19 Juli 2019 – 19:54 WIB

Jus Kodok untuk Halau Stres

Jumat, 21 November 2014 – 17:01 WIB
Jus Kodok untuk Halau Stres - JPNN.COM

Ilustrasi: Jawa Pos

ANDA stres? Kurang bergairah? Di ketinggian Pegunungan Andes di Peru, Anda bisa menemukan obat yang cespleng. Masukkan kodok ke blender, jus, lalu minum!

Yang dijus itu bukan kodok sembarangan. Jenisnya harus Telmatobius coleus, kodok air tawar dari Danau Titicaca di Peru. Meski hewan tersebut dimasukkan sebagai daftar spesies yang terancam punah, masih banyak yang mengejarnya sebagai obat.

Salah satu yang menjual kodok itu adalah Maria Elena Cruz, pemilik gerai jus kesehatan di Lima. ’’Jus kodok ini baik untuk anemia, bronkitis, kesehatan tulang, kesehatan otak, kelelahan, atau stres,’’ katanya. Bahkan, dia mengklaim bahwa ’’kodok cair’’ itu bisa membuat ’’gairah’’ kembali membara. Kembali melompat-lompat bak kodok.

Cara membuatnya cukup gampang. Ambil kodok, lalu hantam kepalanya sampai mati. Setelah itu, kuliti. Lalu, masukkan tubuh tak berkulit tersebut ke blender. Campur dengan wortel, maca root (semacam umbi-umbian), plus madu. Setelah jadi, warnanya bakal hijau kekuningan dengan tekstur kental-kental gimana, gitu....

Meski begitu, jus kodok itu begitu laris. Tengok pengakuan Cecilia Cahuana, 35. Dia kerap memberi anak-anaknya jus tersebut untuk mengatasi anemia dan bronkitis. ’’Untuk orang tua juga sangat baik,’’ ujarnya.

Dokter Tomy Villanueva, dekan Medical College of Lima, mengatakan bahwa belum ada bukti ilmiah keampuhan jus kodok itu. Padahal, peminatnya sudah turun-temurun dan banyak.

Anda berminat? Coba saja bikin jus lele dumbo.... (AP/c10/dos)

SHARES
TAGS   Jus Kodok
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar