JPNN.com

Jusuf Kalla Bicara Solusi Awal Penyelesaian Masalah Papua

Jumat, 18 Oktober 2019 – 08:08 WIB Jusuf Kalla Bicara Solusi Awal Penyelesaian Masalah Papua - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam menjaga dan mewujudkan perdamaian di Indonesia, termasuk konflik Papua.

Jusuf Kalla akan mengakhiri masa tugasnya sebagawi wapres pada 20 Oktober 2019.

"Saya sudah bicara dengan Pak Jokowi sendiri, untuk selalu siap membantu Pemerintah dalam hal-hal yang sesuai kemampuan saya, juga termasuk perdamaian," kata Wapres JK dalam kesempatan wawancara di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (17/10) petang.

JK memang berpengalaman menyelesaikan konflik seperti di Aceh dan Poso. Sementara terkait konflik di Papua saat ini, Wapres mengatakan solusi awal untuk menyelesaikan persoalannya adalah dengan mengubah persepsi dalam membangun Bumi Cenderawasih itu.

Menurut Jusuf Kalla, Papua sebenarnya memiliki nilai tersendiri yang berbeda dengan persepsi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi, kebijakan otonomi khusus yang diberikan oleh Pemerintah Pusat juga telah memberikan porsi khusus bagi pembangunan Papua.

"Dalam segala hal, sebenarnya, Papua itu lebih federal daripada daerah federal. (Kewenangan) Politik diberikan, hanya orang Papua yang memimpin daerah itu sendiri, diberikan dana yang cukup, malah jauh melebihi kemampuan Papua untuk memberikan income (ke Pemerintah pusat)," jelas Wapres JK.

JK menjelaskan, setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik dan budaya beragam, sehingga konsep penyelesaian konflik di Papua tentu berbeda dengan di Aceh dan Poso.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...