JW Marriot Medan Sudah Kantongi IMB

JW Marriot Medan Sudah Kantongi IMB
JW Marriot Medan Sudah Kantongi IMB
JAKARTA - Pembangunan hotel JW Marriot di dekat bandara Polonia Medan terus dilanjutkan dan kini sudah mencapai ketinggian 108 meter. Padahal, Departemen Perhubungan hanya merekomendasikan 50 meter. Pihak JW Marriot mengaku sudah mendapatkan surat IMB. Surat IMB itu No 556/1588/04.01/07 untuk Elly Kusuma atas nama PT Kurnia Tetap Mulia. Di surat itu terdapat tandatangan Wali Kota Medan yang saat itu dijabat Abdillah. Selain Abdillah juga terdapat tandatangan Sekda Kota Medan yang saat itu dijabat Afiffuddin Lubis. Surat itu distempel oleh Notaris Henry Tjong pada 12 Agustus 2008.

Hingga hari ini, Walikota Medan non aktif Abdillah masih berada di tahanan Polda Metro Jaya dan belum bisa dimintai konfirmasi mengenai benar tidaknya soal surat IMB itu. Hanya saja, dalam perbincangan dengan JPNN akhir 2008 lalu, Abdillah pernah menyinggung masalah pembangunan hotel JW Marriot. Kala itu dia menjelaskan, pembangunan JW Marriot di Medan sangat penting bagi pengembangan kota ini ke depan.

Ada sejumlah alasan yang dia kemukakan. Pertama, selama ini banyak kalangan bisnis kelas internasional yang berminat menggelar pertemuan-pertemuan bisnis di Medan. Dengan adanya hotel JW Marriot diharapkan Medan menjadi tempat yang nyaman bagi kalangan pebisnis untuk membicarakan usahanya. Imbasnya, para pemilik modal bisa makin mengenal Medan dan kota ini bisa benar-benar menampilkan wajahnya sebagai kota metropolitan.

Alasan kedua merupakan alasan kepentingan pencitraan. Hotel JW Marriot sudah ada di kota-kota besar di banyak negara. Sebagai kota besar, Medan juga harus ada hotel yang sudah punya jaringan kuat dan luas di tingkat internasional itu. Teringat jelas bahwa saat itu Abdillah mengatakan, sebuah kota besar yang sudah ada hotel JW Marriot, maka imejnya akan baik di mata para calon investor. Kota itu, kata Abdillah, akan dinilai aman dan kondusif bagi kalangan investor. Dengan kata lain, berdirinya JW Marriot di sebuah kota menjadi parameter para calon investor asing lainnya untuk menanamkan modalnya di kota itu.

JAKARTA - Pembangunan hotel JW Marriot di dekat bandara Polonia Medan terus dilanjutkan dan kini sudah mencapai ketinggian 108 meter. Padahal, Departemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News