Kabar Bendung Katulampa Jebol Hoaks

Kabar Bendung Katulampa Jebol Hoaks
Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Foto/ilustrasi: BNPB

jpnn.com, BOGOR - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan bahwa informasi yang menyebutkan Bendung Katulampa Bogor jebol, merupakan kabar bohong alias hoaks.

Sebelumnya, informasi Bendung Katulampa Bogor jebol bikin heboh, terutama di media sosial. Informasi tersebut membuat masyarakat terutama di daerah Jakarta khawatir dan resah.

Bendung Katulampa adalah bangunan yang terdapat di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, yang dibangun pada tahun 1911 dengan tujuan sebagai peringatan dini atas air yang mengalir ke Jakarta dan sekitarnya.

“Hoaks. Itu juga pernah disebarkan tahun lalu dan saat ini disebarkan lagi oleh oknum. Jangan percaya,” ujar Sutopo, Selasa (27/11) malam.

Dia menambahkan, informasi tersebut memang beredar di media sosial dan menyebutkan kalau jebolnya bendungan tersebut akan menyebabkan Jakarta kebanjiran.

Sutopo mengatakan, kondisi air sungai di Bogor, Depok, maupun Jakarta masih dalam keadaan aman.

“Itu semua hoaks. Kondisi sungai-sungai di Bogor, Depok dan Jakarta aman pada hari ini,” tambahnya. (cw2/ysp)


Informasi Bendung Katulampa Bogor jebol bikin heboh media sosial. Kabar tersebut membuat masyarakat terutama di daerah Jakarta khawatir dan resah.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News