Kabar Buruk untuk Palestina, Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz Sepakat Bersatu

Kabar Buruk untuk Palestina, Benjamin Netanyahu dan Benny Gantz Sepakat Bersatu
Mantan Kepala Staf Umum Angkatan Pertahanan Israel, Benny Gantz dengan tegas menyatakan diri siap maju pada pemilu 2019 mendatang menantang Netanyahu (Times of Israel)

jpnn.com, YERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan rivalnya Benny Gantz akhirnya sepakat berkoalisi membentuk pemerintahan, Senin (20/4). Kesepakatan itu mengakhiri krisis politik terparah dalam sejarah negara Zionis tersebut.

Menurut perjanjian tersebut, Netanyahu akan tetap menjabat sebagai perdana menteri selama 18 bulan ke depan. Setelah itu, dia akan mengundurkan diri dan menyerahkan kursi kepada Gantz.

Penanganan wabah virus corona menjadi fokus utama pemerintahan gabungan ini. Israel sejauh ini telah melaporkan lebih dari 13.500 kasus dan 170 kematian.

"Saya menjanjikan kepada Negara Israel sebuah pemerintah nasional darurat yang akan bertindak untuk keselamatan dan kesejahteraan penduduk Israel," cuit Netanyahu di Twitter tak lama setelah perjanjian dengan Gantz diumumkan.

Bersatunya Netanyahu dan Gantz jadi kabar buruk bagi Palestina. Pasalnya, peluang Netanyahu merealisasikan rencananya mencaplok Tepi Barat kini bertambah besar.

Salah satu isi kesepakatan kedua politikus senior itu adalah, Netanyahu diizinkan untuk membawa rencana Timur Tengah Presiden AS Donald Trump ke parlemen untuk dibahas. (AFP/dil/jpnn)

Kabar buruk bagi Palestina, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan rivalnya Benny Gantz akhirnya sepakat berkoalisi membentuk pemerintahan, Senin (20/4)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News